Genset Perkins Heavy Duty Kelas Menengah Untuk Budget Pas-pasan

Bisa dikatakan sekarang ini banyak sekali penyedia genset heavy duty yang ada di pasaran genset tanah air. Dari mulai genset heavy duty yang menggunakan mesin genset biasa, hingga yang menggunakan mesin genset premium seperti mesin genset perkins terbaik. Dengan banyaknya pilihan di pasar genset, tentu merupakan hal yang baik karena dapat memudahkan siapa saja yang sedang mencarinya. Karena dengan banyaknya pilihan produk maka banyak pula pilihan penawaran harga yang dapat disesuaikan dengan budget.

Menyesuaikan dengan budget tentu merupakan hal yang amat sangat penting untuk dilakukan, mengingat tanpa budget yang sesuai maka genset tentu takkan bisa didapatkan. Tetapi penyesuaian budget menjadi rumit ketika genset yang ada dalam incaran menggunakan mesin genset perkins. Pasalnya genset dengan mesin buatan perkins cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Tetapi cukup masuk akal karena kualitas yang ditawarkan juga lebih dari yang lain.

Solusi penyesuaian budget dengan genset yang menggunakan mesin genset perkins biasanya adalah dengan menurunkan spesifikasi gensetnya tetapi dengan tetap mempertahankan mesin perkins di dalamnya. Dengan demikian maka sasaran menjadi berubah pada genset-genset heavy duty kelas menengah. Genset semacam itu biasanya dikenal dengan kapasitas dayanya yang berada di dalam rentang 150 sampai dengan 800 kVA.

Genset dengan kapasitas tersebut sebetulnya sudah lebih dari cukup jika memang bukan hendak diandalkan sebagai sumber daya utama. Tetapi kalaupun memang difungsikan sebagai penyedia pasokan daya utama, maka tinggal disesuaikan saja bebannya. Karena meskipun sudah menggunakan mesin genset perkins, beban daya dengan kapasitas daya harus tetap disesuaikan.

Rentang harga dari genset heavy duty yang menggunakan mesin genset perkins mulai dari 329 jutaan rupiah hingga 1,9 miliar rupiah. Tersedia tipe open alias tipe terbuka dan tipe silent alias tipe tertutup dalam genset heavy duty kelas menengah tersebut. Jika memang budget yang disiapkan ada dalam rentang harga tersebut maka memang kiranya paling pas memilih genset heavy duty dengan mesin perkins kelas menengah saja seperti yang dijelaskan di atas.

 

 

 

Mengulas Perbedaan Genset silent dan Genset Open

Genset atau generator set adalah mesin penghasil energi litsrik yang biasa digunakan sebagai suplai energi listrik cadangan. Genset banyak dipakai utnuk kegiatan industri dimana pun industri tersebut berada. Harga genset yang sangat terjangkau membuat banyak sekali para peminat untuk menggunakan genset. Secara umum genset dibedakan menjadi dua jenis yaitu genset open dan genset silent. Genset open merupakan genset yang mesinnya langsung terbuka atau tidak ada pentup mesin sehingga mesin akan langsung dapat kita lihat. Sedangkan genset silent merupakan genset dengan mesin tertutup sehingga mesin dari gesnet tidak terlhat dari luar.

Hal yanng menjadi perbedaan besar dari segi fisik adalah penutup mesin yang sangat kentara terlihat. Dengan melihat penutup ini juga kita akan tahu jenis genset tersebut. Genset open biasa digunakan untuk kegiatan industri pertambangan atau pertanian. Genset open lebih unggul dalam hal tenaga yang kekuatan dari mesin genset dan juga untuk perawatan genset open ini lebih mudah. Genset open dibekali dengan spesifikasi yang lebih baik karena genset ini biasanya akan digunakan secara terus menerus tanpa henti. Sedangkan genset silent lebih populer di kalangan industri pabrik atau rumahan serta fasilitas umum seperti rumah sakit atau pusat perbelanjaan.

Genset tipe ini sangat cocok digunakan karena tidak menimbulkan kebisingan mesin. Genset silent lebih unggul dalam daya tahan dan keawetan mesin. Mesin genset tipe ini tidak mudah kotor karena terdapat penutup mesinnya. Mesin genset silent  juga tidak memerlukan perawatan yanng lebih sehingga akan lebih hemat biaya. Dari kedua genset tersebut suku cadang masing-masing genset sangat mudah untuk dicari dan ditemukan. Kita bisa menemukan suku cadangnya di semua toko genset seluruh Indonesia. Menggunakan genset untuk kegiatan sehari-hari menjadi hal yang perlu dipikirkan karena sekarang ini penggunaan dan permintaan sumber daya listrik sangat besar dan terus meningkat seiring waktu sehingga kita harus mencar energi alternatif sumber daya listrik lain seperti menggunakan genset dalam kehidupan harian yang kita biasa lakukan.

 

 

Mengulas Perbedaan Harga Genset Silent dan Open

Bagi para pengguna genset tentunya sudah tak asing lagi dengan dua istilah ini. Genset silent dan genset open merupakan dua jenis genset yang sudah umum beredar di pasaran. Kedua genset ini memang jika dilihat sudah menampakan perbedaan yang sangat jelas. Harga genset terbaru ini pun sudah terpaut cukup tinggi. Jika anda hendak mencari genset maka anda harus tahu kedua jenis genset terlebih dahulu agar anda tak kaget melihat perbedaan harga genset dari dua jenis genset tersebut.

Genset silent merupakan genset yang umum digunakan di perkantoran maupun fasilitas umum seperti rumah sakit maupun pusat perbelanjaan. Genset ini dapat dilihat dengan penutup mesinnya yang khas serta suara dari mesin yang sangat halus karena sudah ada peredam untuk kebisingan suaranya. Genset silent ini dibandrol dengan harga genset yang lebih mahal karena penutup dan peredam mesinnya. Genset silent memiliki mesin yang cukup awet karena debu dan kotoran tidak bisa masuk ke dalam mesin sehingga menjadikan mesin tidak mudah kotor. Namun, untuk perawatannya sedikit rumit karena harus membuka penutupnya terlebih dahulu.

Genset open dikenal dengan harga genset yang lebih murah karena mesin genset tidak ada penutupnya. Genset open ini umunya digunakan untuk industry pertambangan karena genset ini sangat cocok untuk lingkungan tersebut. Perawatan dari genset ini sangat mudah karena kita bisa langsung melihat mesin genset dan dapat mengganti bagian yang rusak dengan mudah. Genset open ini juga biasa digunakan untuk menjadi sumber listrik alternatif di daerah yang belum dialiri listrik. Harga genset yang lebih murah menjadikan genset open sangat diminati dan banyak orang yang mencarinya. Suku cadang dari genset ini juga sangat mudah ditemukan dan sudah tersebar ke berbagai daerah. Genset open dapat menjadi pilihan genset yang bisa anda miliki.

4 Merek Genset Solar Terbaik untuk Kebutuhan Listrik Anda

Aktivitas manusia saat ini tidak bisa dipisahkan dari berbagai peralatan kelistrikan. Jika terjadi pemadaman listrik dari PLN, lantas apa yang dapat dilakukan ? Dalam hal ini mesin genset solar atau lainnya bisa menjadi solusinya. Mesin genset sendiri banyak macamnya, berikut beberapa merek genset terbaik dengan kualitas mumpuni yang dapat anda jadikan pilihan.

Merek Genset Terbaik

1. Genset Cummins

Merek genset terkenal pertama yang bisa anda jadikan pilihan yaitu genset Cummins. Perusahaan asal Amerika Serikat satu ini, bahkan disebut sebagai pelopor di bidang mesin generator set. Mereka sudah berdiri dan memproduksi genset solar sejak tahun 1919, dan hingga saat ini masih terus eksis dalam mendistribusikan berbagai produknya.

Keunggulan yang dimiliki dari genset Cummins terletak pada hal kecepatan operasionalnya. Merek satu ini bahkan menyediakan peralatan generator set yang lengkap, misalnya genset standby, switchgear, dan lain sebagainya. Tidak heran jika banyak sekali negara negara di dunia, termasuk Indonesia, yang menggunakan produk genset dari Cummins.

2. Perkins

Genset solar yang apik lainnya juga bisa anda dapatkan dari perusahaan raksasa Perkins. Perkins merupakan perusahaan asal Inggris, yang telah memproduksi mesin genset sejak tahun 1932. Keunggulan dari mesin mesin Perkins terletak pada ketangguhannya serta tenaganya yang diklaim begitu kuat. Tentu hal ini membuat banyak konsumen percaya menggunakannya.

3. Yanmar

Merek Genset Terbaik

Perusahaan asal Jepang, Yanmar, juga tidak ketinggalan memproduksi genset solar terbaik. Beberapa keunggulan dari Yanmar yaitu ramah lingkungan, harga suku cadangnya cukup terjangkau, tenaga mesin tangguh, serta mudah dalam hal perawatan. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh mesin generator Yanmar menjelaskan mengapa penjualan mesin ini begitu tinggi.

4. Lovol

Lovol seringkali dijuluki sebagai genset Perkins China, karena memang label satu ini mengadopsi berbagai teknologi yang digunakan oleh Perkins. Dulunya Lovol pun pernah bekerja sama dengan Perkins. Keunggulan dari merek Lovol ini yaitu cara penggunaannya yang fleksibel, menggunakan teknologi injeksi pump, dan tidak menimbulkan suara yang mengganggu.

Itulah berbagai merek genset terbaik yang bisa anda jadikan pilihan. Dimana masing masing brand tersebut juga mempunyai tipe tipe genset, dengan kapasitas yang berbeda beda. Anda bisa memilih generator set yang paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga penggunaannya akan jauh lebih efektif dan efisien.

Menilik Tips Terbaik dalam Penempatan Genset Solar

Generator set merupakan salah satu mesin yang kini semakin dibutuhkan oleh manusia. Jika anda merupakan salah satu orang yang hendak membeli genset solar atau lainnya, maka penting untuk memperhatikan lokasi penempatannya terlebih dahulu. Karena lokasi yang baik akan membantu mesin anda bekerja dengan lebih maksimal, berikut simak tipsnya.

Tips Penempatan Genset

1. Tips Pertama

Apabila anda menempatkan mesin genset di area outdoor, maka pastikan bahwa genset solar tersebut terhindar dari hujan maupun paparan sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan dengan tujuan melindungi komponen komponen dari mesin, agar tidak cepat berkarat serta rapuh atau bahkan kehilangan fungsinya.

2. Tips Kedua

Jika genset solar yang anda pilih kedepannya akan dipindah secara berkala, maka di awal sebaiknya mesin tersebut diletakkan pada trailer. Trailer ini akan memudahkan anda untuk memindahkan generator. Pasalnya genset solar umumnya memiliki dimensi yang cukup besar, serta massa yang relatif cukup berat.

3. Tips Ketiga

Akan lebih baik jika mesin generator yang anda miliki ditempatkan pada ruangan tersendiri, dimana ruangan tersebut harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Mengingat bahwa dalam pengoperasiannya, genset mengeluarkan gas buang. Sehingga gas tersebut bisa keluar melalui ventilasi, dan tidak mengganggu kenyamanan anda.

4. Tips Keempat

Tips Penempatan Genset

Tips satu ini sangat penting untuk diperhatikan, yakni anda harus menempatkan mesin jauh dari jangkauan anak anak serta sumber api. Mengingat bahwa bahan bakar solar sendiri memang mudah terbakar. Di samping itu mesin genset yang panas setelah beroperasi, juga akan sangat rawan terbakar jika berdekatan dengan api.

5. Tips Kelima

Biasanya ada pula orang yang menempatkan genset di ruangan bawah tanah. Hal ini tentu sah sah saja, namun ada hal yang perlu anda perhatikan. Dimana ruangan bawah tanah tersebut tetap harus mempunyai sirkulasi udara yang baik. Selain itu pastikan bahwa ruangan yang dimaksud mempunyai spare tempat, agar teknisi dapat melakukan maintenance.

Itulah berbagai tips yang dapat anda terapkan dalam menempatkan genset. Penempatan mesin generator yang tepat, akan membantu mesin tersebut beroperasi dengan baik. Tentunya dengan performanya yang maksimal, maka berbagai kebutuhan kelistrikan anda bisa terpenuhi dengan baik pula. Sehingga perihal penempatan ini tidak boleh disepelekan oleh para pengguna.

Mengenal Perbedaan Genset Solar dan Genset Bensin

Pasokan listrik yang disediakan oleh PLN terkadang memang tidak mencukupi berbagai kebutuhan manusia. Maka dari itu, beberapa orang memilih menggunakan generator set sebagai alternatif. Dalam hal ini genset solar serta genset bensin merupakan dua jenis mesin generator yang banyak dipilih. Apa perbedaan antara kedua mesin ini ? Berikut penjelasannya.

Genset Solar

Sesuai dengan namanya, genset satu ini menggunakan bahan bakar dari solar sebagai tenaga penggerak. Biasanya genset satu ini juga disebut sebagai genset diesel, dan menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Pasalnya genset solar bisa dibilang hemat dalam penggunaan, karena harga solar yang relatif terjangkau.

Namun dari segi nilai jualnya, genset satu ini memang tergolong jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan genset bensin. Umumnya mesin tersebut didistribusikan dengan kapasitas antara 5KW hingga 2MW, dengan silinder antara 2 hingga 16 tergantung dari merek serta tipe genset tersebut. Jadi perbedaan utamanya dengan genset bensin, terletak pada bahan bakar.

Genset Bensin

Genset Bensin

Jika genset solar memanfaatkan solar sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesinnya, maka genset bensin ini menggunakan bahan bakar bensin. Tentunya ruang pembakaran pada mesin satu ini juga berbeda dengan yang ada pada genset diesel atau solar. Mekanisme kompresinya lebih rendah ketika melakukan proses pembakaran.

Sehingga genset bensin menimbulkan suara yang jauh lebih lembut, bila dibandingkan dengan genset diesel. Lalu performa house powernya juga cukup besar, yang dapat anda gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kelistrikan. Meski begitu, biaya untuk konsumsi bahan bakarnya tentu akan jauh lebih mahal. Mengingat bahwa harga bensin lebih tinggi dari solar.

Untuk harga jualnya sendiri bisa sangat bervariasi, tergantung pada kapasitas genset yang anda pilih. Biasanya semakin mahal genset yang anda beli, maka akan banyak fitur yang bisa didapat. Misalnya fasilitas electric start, yang memungkinkan mesin untuk aktif secara otomatis ketika listrik dari PLN mengalami pemadaman.

Baik genset diesel maupun genset bensin memang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi tidak bisa serta merta langsung disimpulkan mana yang lebih baik antara keduanya. Performa serta keawetan mesin generator sendiri akan sangat dipengaruhi bagaimana cara anda merawat mesin tersebut.

4 Keunggulan Genset Solar yang Wajib Anda Tahu

Kebutuhan akan listrik memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia, sehingga penggunaan generator set menjadi alternatif ketika pasokan listrik PLN tidak memadai. Salah satu mesin yang banyak dipilih untuk kebutuhan ini yakni genset solar, dengan berbagai keunggulannya. Berikut beberapa kelebihan dari genset ini yang wajib anda ketahui.

Kelebihan dari Genset Solar

1. Perawatan Mudah

Genset solar atau genset diesel masa kini sudah mendapatkan berbagai inovasi baru, sehingga kelemahan yang sebelumnya dimiliki oleh mesin tersebut pun sudah berhasil ditanggulangi. Seperti yang anda ketahui, bahwa dulunya genset diesel dianggap perawatannya tidak mudah karena membutuhkan biaya yang mahal.

Selain itu banyak yang menyebutkan bahwa genset solar ini juga memiliki suara yang bising. Namun anda tidak perlu khawatir, karena mesin generator diesel modern telah berhasil menanggulangi berbagai permasalahan tersebut. Sekarang perawatannya tidak lagi membutuhkan biaya yang mahal, dan saat digunakan pun tidak menghasilkan suara yang bising.

2. Bahan Bakar Murah

Genset solar mempunyai kelebihan tersendiri bila dibandingkan lainnya, yaitu perihal bahan bakar. Pasalnya mesin satu ini menggunakan bahan bakar solar, yang harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan bensin. Tentunya ini akan membuat anda jauh lebih berhemat, terlebih jika anda menggunakan mesin generator dalam waktu yang cukup lama.

3. Lebih Irit

Kelebihan dari Genset Solar

Selain bahan bakarnya murah, genset diesel juga dirasa lebih irit dalam penggunaannya. Sebab biaya yang harusnya anda gunakan untuk memproduksi listrik per kilowatt nya, sekitar 30 hingga 50 persen lebih rendah bila dibandingkan mesin bensin. Inilah mengapa banyak sekali masyarakat yang memilih menggunakan genset diesel.

4. Lebih Tahan Lama

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh genset solar yaitu mesin satu ini lebih tahan lama. Tentunya anda bisa mengandalkan kualitasnya yang mumpuni dalam menghasilkan energi listrik. Genset ini juga memiliki umur yang lebih lama, sebab mesin tersebut lebih tahan panas atau tidak cepat panas dibandingkan mesin genset dengan bahan bakar bensin.

Melihat dari berbagai keunggulan yang dimiliki serta ditawarkan oleh genset diesel, tentu menjawab mengapa mesin satu ini bisa begitu populer. Bahkan saat ini sudah banyak fitur fitur canggih yang dibekalkan pada berbagai mesin genset tersebut. Sehingga dapat memberi anda lebih banyak kemudahan dalam pengoperasiannya.

Yuk Intip Perawatan yang Tepat untuk Genset Solar Anda

Sebagai alternatif untuk menghasilkan daya listrik, genset memang sudah banyak mendapatkan inovasi. Dimana genset diesel atau genset solar merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Agar awet dalam penggunaannya, tentu anda harus merawat mesin generator ini dengan cara yang tepat. Yuk intip tips perawatannya berikut ini.

Tips Merawat Genset Solar

1. Pemeriksaan Bahan Bakar dan Sistem Listrik

Pemeriksaan secara berkala memang menjadi salah satu hal yang penting dalam merawat genset solar anda. Dalam hal ini anda tentu perlu melakukan pemeriksaan terhadap sistem listrik serta bahan bakar yang da. Terkait sistem listrik, perima dinamo starting dan koneksi kabel agar generator set anda bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu bahan bakar yang digunakan untuk genset solar juga harus selalu diperiksa. Karena solar di dalam tangki tidak boleh habis, dan penting untuk menjaganya tetap dalam keadaan baik. Periksa juga bagian filter bahan bakarnya, apakah sudah kotor atau bahkan adanya kemungkinan lecet atau tidak.

2. Pemeriksaan Sistem Pelumas

Selain pemeriksaan terhadap sistem listrik dan bahan bakar, pemeriksaan pada sistem pelumas genset solar juga penting untuk dilakukan. Karena setiap mesin generator akan tetap membutuhkan pelumas, agar mesinnya mampu beroperasi dengan baik dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, anda harus selalu mengecek level oli atau pelumas mesin ketika genset dimatikan.

3. Pemeriksaan Sistem Pemanasan dan Pendingin

Tips Merawat Genset Solar

Baik sistem pemanasan, maupun pendingin adalah bagian yang penting pada mesin generator set. Pada genset berbahan bakar solar, periksa kestabilan dari sistem pemanasan genset dengan cara melakukan load mesin dengan menggunakan daya 1/3 net power. Metode ini akan lebih baik jika anda lakukan setidaknya satu bulan sekali.

Di samping itu, sistem pendingin atau sistem coolant juga wajib diperiksa agar tetap mampu menstabilkan kondisi mesin. Dalam hal ini, anda dapat melakukan pemeriksaan setiap satu kali sehari pada interval cairan pendingin. Jika menemukan kondisi cairan berkurang cukup banyak, maka segera tambahkan air, aditif pendingin, serta antibeku yang sesuai dalam manual book.

Memelihara dan merawat mesin dengan baik memang sudah menjadi hal wajib, apabila anda ingin menggunakan mesin genset dalam waktu lama. Pasalnya perawatan yang tepat bisa membuat umur yang dimiliki oleh generator menjadi lebih lama. Tentunya cara cara di atas juga bisa membuat performa mesin anda tetap prima dalam menghasilkan energi listrik.

Jenis Genset Lovol dan Spesifikasi Terbaru

Jual genset lovol menyediakan berbagai macam jenis genset lovol pilihan anda. disini menyediakan segala jenis dam spesifikasi terlengkap sehingga anda tak perlu khawatir lagi dengan stok yang disediakan. Genset lovol memang menjadi salah satu genset yang banyak dicari dan juga menjadi salah satu genset paling popular yang sudah teruji kulitasa dan daya tahan dari penggunaan genset ini. Genset ini juga telah mampu bersaing dengan merek genset besar kelas dunia. Genset ini juga mampu mengungguli para pesaingnya dengan penjualan yang cukup tinggi  sehingga genset ini sudah menjadi genset idaman para usahawan. Genset ini juga terdapatr beragam jenis dan fungsi serta sprsifikasi yang berbeda-beda sesuai lengkap sesuai dengan kebutuhan anda. Anda dapat memilih beragam spesifikasi genset ini sehingga genset ini pun dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Jual genset lovol terbaik menyediakan berbagai jenis dan spesifikasi genset lovol lengkap mulai dari daya 45 kVa sapai dengan daya 180 kVa. Tentunya dnegan day aini sudah mampu menyokong kebutuhan sumber daya listrik anda. pada jajaran daya 45 kVA genset lovol ini menawarkan dua jenis keluaran dengan open tipe dan silent tipe. Hal dasar yang membedakan kedua genset ini adalah genset silent tipe sudah dibekali dengan peredam sehingga suara mesin sudah tidak terdengar lagi. Hal ini juga sudah menambah kenyamanan dan keamanan dari penggunan genset ini. Selain itu genset ini juga dibelaki dengan generator daigenko yang terkenal bandel dan awet taham lama dan sangat cocok unutk diginakan disegala jenis usaha mulai dari perkantoran hingga pertambangan pun sudah siap. Dengan spesifikasi yang memadai, jual genset lovol ini menjadi slaah satu pilihan anda untuk menacari genset lovol idaman anda. anda tak perlu repot lagi mencari genset lovol ini karena semua tipe dari genset lovol ini sudah tersedia disini dan anda sudah sangat mudah untuk mencari genset ini di sekitaran anda tanpa anda harus pergi jauh lagi.

Rekomendasi Merk AVR Alternator Yang Layak Dipertimbangkan

Banyaknya penggunaan genset sekarang ini jelas memiliki akibat yang cukup luas dalam dunia genset itu sendiri. Pasalnya orang-orang yang tadinya asing dengan AVR alternator terbaik, sekarang justru cukup sering membahasnya. Hal tersebut karena memang AVR merupakan bagian yang penting dan sudah secara umum ada pada genset keluaran baru.

Sayangnya seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, bahwa AVR alternator seolah baru sekalian disertakan pada genset mulai keluaran baru saja, sehingga keluaran lama banyak yang belum ada AVR di dalamnya. Meskipun memang harus disadari pula bahwa genset keluaran baru juga tidak pasti ada, hanya sebagian besar saja demikian terutama dari brand papan atas.

Bagi mereka yang gensetnya belum disertai AVR alternator terbaik, solusinya jelas memasangnya sendiri. Namun dengan banyaknya pilihan seperti sekarang ini justru malah membingungkan. Itulah mengapa pada kesempatan kali ini akan disampaikan beberapa rekomendasi merk AVR yang layak diperhitungkan. Misalnya seperti beberapa merk berikut ini.

  1. AVR dari brand Stamford seri MX-321
  2. AVR dari brand Stamford seri MX-341
  3. AVR dari brand Leroy Somer seri R-449
  4. AVR dari brand Bestron seri VS420
  5. AVR dari brand Marelli
  6. AVR dari brand Marcon
  7. AVR dari brand AVK seri MA-330
  8. AVR dari brand SX seri 440
  9. AVR dari brand Universal
  10. AVR dari brand ABB

Brand alias merk AVR alternator di atas adalah brand yang sudah cukup sukses memperoleh kepercayaan publik. Itulah mengapa brandi di atas masuk ke dalam daftar rekomendasi ini. Rentang harga dari merk-merk di atas terbilang cukup luas mengingat mulai ditawarkan dari kisaran harga 150 ribu rupiah saja sampai nyaris menyentuh harga jutaan rupiah. Margin keuntungan yang diambil oleh penjual jelas menjadi salah satu sebab luasnya rentang harga tersebut.

Sekian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi merk atau brand AVR alternator yang layak dipertimbangkan di atas. Semoga dapat menjadi salah satu informasi yang membantu pembaca sekalian atau siapa saja yang sedang kebingungan dalam memilih merk atau brand AVR apa yang kiranya bagus sehingga tidak mengecewakan nantinya.