Mengenal Perbedaan Genset Solar dan Genset Bensin

Pasokan listrik yang disediakan oleh PLN terkadang memang tidak mencukupi berbagai kebutuhan manusia. Maka dari itu, beberapa orang memilih menggunakan generator set sebagai alternatif. Dalam hal ini genset solar serta genset bensin merupakan dua jenis mesin generator yang banyak dipilih. Apa perbedaan antara kedua mesin ini ? Berikut penjelasannya.

Genset Solar

Sesuai dengan namanya, genset satu ini menggunakan bahan bakar dari solar sebagai tenaga penggerak. Biasanya genset satu ini juga disebut sebagai genset diesel, dan menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Pasalnya genset solar bisa dibilang hemat dalam penggunaan, karena harga solar yang relatif terjangkau.

Namun dari segi nilai jualnya, genset satu ini memang tergolong jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan genset bensin. Umumnya mesin tersebut didistribusikan dengan kapasitas antara 5KW hingga 2MW, dengan silinder antara 2 hingga 16 tergantung dari merek serta tipe genset tersebut. Jadi perbedaan utamanya dengan genset bensin, terletak pada bahan bakar.

Genset Bensin

Genset Bensin

Jika genset solar memanfaatkan solar sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesinnya, maka genset bensin ini menggunakan bahan bakar bensin. Tentunya ruang pembakaran pada mesin satu ini juga berbeda dengan yang ada pada genset diesel atau solar. Mekanisme kompresinya lebih rendah ketika melakukan proses pembakaran.

Sehingga genset bensin menimbulkan suara yang jauh lebih lembut, bila dibandingkan dengan genset diesel. Lalu performa house powernya juga cukup besar, yang dapat anda gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kelistrikan. Meski begitu, biaya untuk konsumsi bahan bakarnya tentu akan jauh lebih mahal. Mengingat bahwa harga bensin lebih tinggi dari solar.

Untuk harga jualnya sendiri bisa sangat bervariasi, tergantung pada kapasitas genset yang anda pilih. Biasanya semakin mahal genset yang anda beli, maka akan banyak fitur yang bisa didapat. Misalnya fasilitas electric start, yang memungkinkan mesin untuk aktif secara otomatis ketika listrik dari PLN mengalami pemadaman.

Baik genset diesel maupun genset bensin memang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi tidak bisa serta merta langsung disimpulkan mana yang lebih baik antara keduanya. Performa serta keawetan mesin generator sendiri akan sangat dipengaruhi bagaimana cara anda merawat mesin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *