Perbandingan Beberapa Genset 200 KVA


Memilih genset yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Beberapa pertimbangan perlu dilakukan. Kualitas dan performa mesin tentu menjadi hal yang sangat vital dan tidak boleh dilewatkan. Lalu, harga dan fitur tambahan lainnya akan menjadi aspek lain yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis genset, termasuk genset 200 kva. Walau biasanya opsinya lebih sedikit untuk kategori genset dengan daya di atas 100 kva, tetap saja ada beberapa produk yang bisa dijumpai di beragam distributor. Kalau pun anda merasa perlu melakukan perbandingan, beberapa produk berikut bisa menjadi referensi.

Opsi untuk genset 200 kva memang lebih sedikit kalau dibandingkan dengan produk berkapasitas di bawah 2 kva. Kapasitas kecil tersebut umum dijumpai di sektor rumah tangga, sedangkan output di kisaran 200 kva dan bahkan lebih besar dari itu akan banyak dijumpai di gedung perkantoran hingga unit usaha serta pabrik. Salah satu produk yang bisa menjadi opsi ketika anda mencari generator 200 kva adalah HT 200 V. Genset tersebut ditenagai oleh mesin buatan brand Volvo. Daya  maksimal yang bisa dihasilkan jelas ada di kisaran 160 kilowatt. Untuk memperoleh kinerja yang lebih bagus, mesin dengan enam silinder digunakan. Ukurannya memang sangat besar karena total panjang dari unit generatornya bisa melebihi 3,5 meter dengan lebar mencapai 1,5 meter. Untuk bobotnya, produk genset 200 kva dari Volvo tersebut berkisar 2700 kg. Untuk bahan bakar, tangkinya bisa menampung 300 liter dengan estimasi konsumsi per jam  di kisaran 40 liter.

Sebagai pembanding, ada produk HT 200 P. Kalau produk sebelumnya menggunakan mesin Volvo, produk ini berasal dari Perkins. Tentu saja daya maksimal yang dihasilkan sama, yaitu 160 kilowatt. Bahkan kedua produk genset 200 kva sama-sama menggunakan mesin enam silinder  Dari segi ukuran pun tidak akan jauh berbeda karena mempunyai panjang di kisaran 3,5 meter dengan lebar sektiar 1,5 meter. Bobotnya pun tak berbeda jauh dan masih di kisaran 2700 kg. Bahkan, kapasitas bahan bakar maksimalnya sama-sama menggunakan volume 300 liter. Namun, tingkat konsumsi bahan bakar per jam dari genset 200 kva ini memang lebih tinggi karena bisa mencapai 45 liter untuk penggunaan 60 menit.